--Ketika HIDUP memberiku seribu alasan untuk MENYERAH,,,engkau HADIR memberiku sejuta alasan untuk BERJUANg--
--when life gave me a thousand reasons to give up, you're present to give a milios reasons to fight--

Selasa, 14 Juni 2011

profil umum kabupaten Sekadau

Kabupaten Sekadau adalah salah satu kabupaten di Provinsi Kalimantan Barat. Sekadau merupakan ibukota dari kabupaten ini. Wilayah Kabupaten Sekadau di sebelah utara berbatasan dengan kabupaten Sintang, sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Sintang sedangkan sebelah barat berbatasan dengan kabupaten Sanggau dan sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Ketapang. Kabupaten Sekadau memiliki luas wilayah 5.444,20 km yang terbagi menjadi tujuh kecamatan.
Sebagai kabupaten baru, posisi Sekadau cukup menguntungkan. Sungai Kapuas yang menjadi tulang punggung transportasi sungai melintas di tengah kota. Pasar berdiri tepat di salah satu sisi sungai.
Di sektor perkebunan, Penduduk Sekadau menanami kebun-kebun mereka dengan berbagai tanaman seperti lada hitam, kakao, dan karet. Getah karet yang sudah dimasak dan menjadi kotak-kotak berwarna putih dikirimkan ke ibu kota provinsi untuk diproses menjadi bentuk setengah jadi, kemudian dikapalkan ke luar negeri. Biji-biji kering kakao dijual kepada pengumpul, lalu dikirim lewat jalan darat menuju Entikong, perbatasan Indonesia dengan Malaysia, selanjutnya dibawa ke pabrik pengolah cokelat di Malaysia. Dari ujung utara di Kecamatan Belitang Hulu kemudian ke arah selatan di Kecamatan Belitang Hilir dan Belitang hingga mendekati pusat pemerintahan di Kecamatan Sekadau Hilir, dapat ditemukan beberapa perkebunan sawit skala besar. Terdapat sekitar 35.300 hektar perkebunan kelapa sawit yang diusahakan oleh delapan perusahaan swasta.

Hutan-hutan yang tersebar di Sekadau juga menjadi lahan mata pencarian bagi 4,3 persen penduduk setempat. Kayu-kayu dari hutan produksi seluas 27.125 hektar diambil dan dijadikan bahan baku industri kayu di Kabupaten Sanggau dan juga di Pontianak. Beberapa industri kayu berskala kecil yang diusahakan secara perorangan oleh penduduk terdapat di pusat kota Sekadau dan beberapa kecamatan lain. Sementara itu, sekitar 58.000 hektar hutan tak boleh diambil kayunya karena berstatus hutan lindung.
Daerah baru pecahan dari Kabupaten Sanggau ini juga dilewati jalan negara yang menghubungkan Pontianak di sebelah barat Provinsi Kalimantan Barat menuju ke arah timur di Kabupaten Kapuas Hulu, perbatasan Provinsi Kalimantan Barat dan Timur. Dengan keberadaan jalan negara ini, pengiriman barang-barang kebutuhan pokok beberapa kabupaten di bagian timur, seperti Kabupaten Sintang, Melawi, dan Kapuas Hulu, akan melalui Sekadau. Mobil-mobil pengangkut barang biasanya mampir di Sekadau, hanya sekadar melepas lelah ataupun menginap barang semalam di lima penginapan yang tersedia. Toko-toko milik penduduk siap melayani kebutuhan pelintas. Penjual sekaligus pembuat bak truk juga mebel dari kayu mudah ditemui di sepanjang jalan. Industri kayu berskala kecil ini memanfaatkan kayu-kayu di hutan rakyat sebagai bahan baku.

Lebih jauh tentang kabupaten Sekadau,
http://www.sekadaukab.go.id/

BAGIKAN KE: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar